7 Metode Mengatasi Hidung Tersumbat

Wiki Article




Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala yang bisa ditemui pada penderita Covid-19 varian Omicron. Berikut sistem menyelesaikan hidung tersumbat.
Hidung tersumbat bisa sungguh-sungguh mengganggu sebab membuat penderitanya susah bernafas melalui hidung.

Saat hidung tersumbat tak dapat menghirup oksigen, berkeinginan tidak berharap akan mengandalkan mulut untuk bernafas. Meskipun bila terlalu lama bernapas via mulut tak baik untuk kesehatan.

Selain menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tidak didesain untuk bernafas. Mulut tak memiliki proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh kuman, dan bakteri, layaknya hidung.

Agar bisa kembali bernapas dengan normal, ketahui metode memecahkan hidung tersumbat sebagai berikut.

1. Mandi air hangat
Mandi di bawah kucuran air panas dapat menolong meredakan permasalahan hidung tersumbat. Namun suhu airnya jangan terlalu tinggi, ya.

Usahakan tutup pintu kamar mandi sehingga uap air bisa terkumpul. Saat uap air sudah cukup banyak, tarik napas dalam-dalam untuk melegakan sinus.

Uap yang diciptakan dari air panas itu bisa mengurangi produksi lendir sehingga hidung dapat kembali bernapas dengan normal.

Sedangkan uap panas itu tak bertahan lama, namun metode ini bisa dijadikan solusi alternatif pelega sementara.

2. Amati temperatur ruangan
Berada di ruangan dengan temperatur udara yang hangat dan lembap juga menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk menuntaskan hidung tersumbat. Pasalnya, ini bisa meredakan peradangan dan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung.

Metode paling mudah yang dapat dijalankan ialah menghindari ruangan dengan temperatur yang amat dingin atau menyalakan air humidifier. Humidifier meningkatkan ion oksigen dan kadar air di udara.

Meski tak memberikan manfaat yang tetap dalam mengobati hidung tersumbat, namun alat ini membikin bernafas menjadi lebih gampang. Tak heran sekiranya alat pelembap udara ini diterapkan untuk penderita asma atau infeksi pernapasan.

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan saluran hidung. Sekiranya udara di ruangan terlalu kering, humidifier dapat menolong. Anda seharusnya membersihkannya secara teratur untuk menghindari munculnya alergi lainnya pengaruh pertumbuhan kuman dan jamur.

3. Oleskan minyak kayu putih
Minyak kayu putih, salep, atau balsem dapat menjadi senjata ampuh untuk menjadi metode menyelesaikan hidung tersumbat. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan lubang hidung supaya bisa terus menghirup wangi-wangiannya.

Seandainya dibutuhkan, oleskan pula di bagian dada supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.

Minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih itu sudah diterapkan selama ribuan tahun sebagai obat. Minyak kayu putih bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara berjenjang.

4. Perbanyak minum
Ketika sedang pilek berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk memecahkannya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat dapat membantu mengencerkan lendir pada saluran pernafasan, mengurangi tekanan pada sinus.

Ketika tekanan berkurang, peradangan dan nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang.

Apabila tidak umum minum air hangat, cobalah konsumsi campuran teh jahe dan mint, air cuka apel, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan napas.

Kecuali itu, teh mempunyai kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang bagus untuk membersihkan saluran hidung.

5. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam dapat melembapkan tenggorokan yang sakit dan gatal dikala hidung tersumbat serta memberikan kelegaan pada saluran pernapasan sementara.

Coba larutkan setengah sendok teh garam ke dalam dalam 200 ml air hangat, berkumurlah dan lakukan ini empat kali sehari.

6. Hirup uap hangat
Selain mandi air here hangat, Anda juga bisa meletakkan wajah di atas baskom yang berisi air hangat dan mulailah menghirup uapnya.

7. Berbaring dengan bantal yang agak tinggi
Hidung tersumbat seringkali terjadi saat tidur di malam hari. Karenanya, sebaiknya ketika tidur gunakan bantal yang sedikit lebih tinggi, agar lendir di dalam hidung bisa konsisten mengalir ke dalam tenggorokan Anda.

Sesudah mengetahui cara menyelesaikan hidung tersumbat, cek dan konsultasikan ke dokter kalau disertai gejala lain dan tak kunjung mereda.

Report this wiki page